Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah


Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah - Membeli rumah tidak hanya sekedar melihat bagus tidaknya lokasi dan bentuk bangunan. Tapi perlu juga mengecek material bangunan dan segala hal terkait proses pembelian rumah.

Oleh karena itu, kami merangkum beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum terjadi proses jual-beli rumah.

Baca : Cara Hemat Membangun Rumah
Baca : Daftar Tipe Rumah dan Luas Bangunannya

Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah


Banyak Berkeliling

Pastikan anda melakukannya. Karena dengan berkeliling, anda akan mendapatkan beragam pandangan terkait rumah yang akan dibeli. Para pengembang tentulah memiliki standar material dan model rumah. Anda dapat memanfaatkan hasil berkeliling dengan menanyakan fasilitas yang kelak didapatkannya beserta harga rumah yang ditawarkan.

Pertimbangkanlah lokasi hunian, model rumah, material yang digunakan serta biaya-biaya terkait keamanan hunian dan pengambilan sampah rumah tangga. Dengan berkeliling, anda akan mudah melakukan penawaran terhadap rumah yang telah anda pilih setelah berkeliling.


Memanfaatkan Internet

Dengan perkembangan teknologi dan informasi, segala hal yang diinginkan mudah dicari melalui ponsel. Pertimbangkan budget yang anda miliki dan segera berselancar di dunia maya untuk mencari hunian yang cocok.

Gunakan metode perbandingan lokasi, tipe hunian, dan harga yang ditawarkan. Segala penawaran akan menjadi mudah dengan hasil perbandingan yang telah anda dapat.


Perubahan Harga

Anda juga perlu mewaspadai perubahan harga ini mengingat harga material yang kerap berubah bergantung kurs rupiah. Perubahan harga juga dapat terjadi bila anda menginginkan perubahan model hunian dari standar pengembang menjadi bentuk sesuai keinginan anda.

Jadi, pastikan bahwa anda mempunyai tabungan untuk sekadar berjaga-jaga terkait perubahan harga hunian.


Meminta Insentif

Sebetulnya tiap pengembang pastilah sudah memperkirakan hal ini namun tidak ada salahnya bagi anda untuk memintanya kembali. Mintalah diskon atau potongan harga bila anda sanggup melunasi sebelum jatuh tempo pelunasan pembayaran hunian.

Atau anda juga dapat meminta tambahan fasilitas seperti AC atau water heater bila anda membayar hunian secara tunai.


Membeli Rumah Contoh

Bila anda kekurangan biaya namun terdesak dengan kebutuhan akan hunian, maka membeli rumah contoh merupakan salah satu solusi terbaik. Lakukanlah penawaran dengan harga sedikit lebih rendah dari harga standar hunian yang dijual.

Hal ini mengingat rumah contoh sudah pernah digunakan oleh pengembang untuk beraktivitas sehingga tidak bisa dikatakan sebagai rumah baru. Namun, terkadang rumah contoh lebih baik dari segi material dan proses pengerjaannya yang lebih hati-hati dan teratur mengingat rumah contoh adalah objek pemasaran pengembang. Sehingga pastilah mereka membangun dengan material terbaik untuk merayu konsumen.