Tips Merawat Denim dan Jeans


Tips Merawat Denim dan Jeans - Tak dapat dipungkiri, jeans akan selalu menjadi produk fashion andalan. Namun, tahukah anda bahwa sebetulnya jeans dan denim merupakan hal yang berbeda?

Denim adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan jeans. Sehingga jeans adalah produk jadi yang menggunakan bahan denim.

Merawat jeans susah-susah gampang. Perlu ketelitian dan kecermatan agar jeans dapat bertahan lama. Berikut ini kami rangkumkan beberapa cara perawatan denim dan jeans.

Tips Merawat Denim dan Jeans


Lenturkan Jeans

Kelenturan denim dapat terlihat pada proses pemakaian jeans. Bila sering digunakan, maka kelenturan akan semakin cepat terjadi dibandingkan pemakaian jeans secara pasif. Anda dapat memulai pencucian ketika denim terasa agak lentur.


Selektif dalam Mencuci

Mencuci denim diusahakan sejarang mungkin untuk mencegah penciutan & kelunturan, mengendalikan pemakaian air serta mengurangi dampak negatif bagi lingkungan. Denim pasti luntur jika dicuci dengan mesin cuci dan dikeringkan. Cuci jeans terpisah menggunakan air dingin. Cuci dengan tangan di dalam bak berisi air, rendam selama 30 menit dengan deterjen ringan & aduk-aduk untuk menghindari endapan.

Merendam dua jeans gelap bersamaan tidak masalah, namun lebih baik tidak mencampur warna gelap dengan terang karena anda tidak tahu warna apa yang akan muncul setelah pencucian.

Setelah siap dijemur putar bagian dalam jeans ke luar dan gantung di ruang terbuka sampai kering. Jika anda khawatir dengan warna jeans yang akan memudar, maka lakukanlah dry clean. Beberapa orang yakin mencuci jeans gelap dengan kopi dapat membuat warnanya tahan lebih lama. Apakah anda memiliki keyakinan yang sama?


Cermati Proses Pengeringan

Sebetulnya anda cukup melakukan pengeringan secara alami, yaitu dengan meletakkannya di suhu yang normal atau angin-anginan saja. Panas berlebih akan menjadikan denim mengerut sehingga bentuk jeans menjadi tak menarik lagi. Jadi, hindarilah pengeringan dengan menggunakan alat pengering.


Perhatikan Cara Penyimpanan

Gunakan gantungan baju pada bagian lingkar pinggang jeans. Hal ini akan mempengaruhi bentuk jeans agar lebih tahan lama. Kekusutan akibat lipatan atau sembarang meletakkan jeans akan berdampak pada bentuk jeans yang tidak akan sama seperti pertama kali membelinya.


Hati-hati Memperbaiki Jeans

Penting bagi anda untuk mengetahui seluk beluk jeans dan mempelajari teknik dasar menjahit agar dapat memperbaiki jeans yang rusak, robek, atau berlubang agar tetap seperti baru. Lakukan perbaikan atau perawatan dengan segera ketika melihat adanya kerusakan atau sobekan pada jeans. Semakin lama anda menunda melakukan perbaikan, maka potensi kerusakan akan bertambah parah makin besar.




Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Lifestyle
Judul : Tips Merawat Denim dan Jeans
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2018/11/tips-merawat-denim-dan-jeans.html.