Inilah Cara Cepat dan Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Inilah Cara Cepat dan Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Pernahkah anda mengalami pusing berat, penglihatan buram, mudah lelah disertai mual, dan detak jantung yang tak teratur?

Waspadalah karena gejala ini terjadi pada orang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa penyebabnya adalah tekanan psikis yang terlampau besar, kelelahan akibat rutinitas tak teratur dan lainnya.

Hipertensi diklasifikasikan sebagai the silent killer karena terkadang tidak menampakkan gejala kepada penderitanya. Berikut ini kami uraikan beberapa tips aman dan cepat dalam mengurangi hipertensi.

Cara Cepat dan Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Pijat atau urut telinga

Cobalah untuk mencari beberapa titik di sekitar belakang telinga dan leher yang dapat menurunkan hipertensi. Langkah pertama adalah dengan menekan titik pada bagian leher atas di belakang daun telinga sebelah kanan dan geser pijatan tersebut hingga tengah leher bagian samping kanan. Lakukan secara berulang dan bergantian ke sebelah kiri leher.

Langkah kedua adalah pijat bagian rahang atas, sejajar dengan lubang telinga baik sebelah kanan maupun kiri. Lakukan pijatan secara memutar berlawanan arah jarum jam. Fungsinya adalah meregakan ketegangan pada otot leher dan menormalisasi sirkulasi darah.

Coba Akupresur

Memberikan tekanan pada titik-titik syaraf yang terletak di bagian pangkal tengkorak akan memberikan kenyamanan pada kepala yang merasakan pusing. Gunakan jempol atau ibu jari untuk mendapatkan tekanan maksimal.


Atur pernafasan pada lubang hidung kiri

Kegiatan ini akan membantu anda melancarkan sirkulasi tekanan darah dan mengurangi hormaon stres. Caranya adalah duduk nyaman dengan punggung dalam posisi lurus. Taruh tangan kiri pada perut dan tutup lubang hidung sebelah kanan dengan jempol tangan kanan. Bernafaslah melalui lubang hidung kiri selama ± 5 menit.


Menutup telinga dan berdengung seperti lebah

Posisikan diri anda dengan duduk di lantai dan pastikan punggung dalam keadaan lurus. Letakkan telunjuk pada tulang rawan di kedua telinga dan bernafaslah dalam-dalam. Hembuskan nafas disertai suara dengungan sayap lebah dan berikan pijatan pelan kepada kedua tulang rawan telinga. Lakukan berulang-ulang hingga anda merasakan dampak yang lebih dari sebelumnya.


Dengarkan musik klasik

Sebagian percaya dengan mendengarkan jenis musik ini akan memberikan ketenangan bila ditambahkan dengan meditasi atau pelatihan pernafasan.


Minum segelas air

Meminum air akan membuat anda tenang dari kegugupan atau dehidrasi yang terkadang menjadi penyebab hipertensi.


Berpose bak mayat atau savasana

Maksudnya adalah bersikap telentang dan menutup mata. Lakukan dengan santai selama ±15 menit dan rasakan penurunan detak jantung secara berkesinambungan yang tadinya berdetak tidak teratur.


Merendam kaki pada air hangat

Air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah yang berpusat di kepala untuk mengalir ke kaki. Rendam kaki selama ± 10 menit maka akan membantu menormalkan tekanan darah.