Tips Menghasilkan Foto Keren Via Ponsel dengan Mudah


Tips Menghasilkan Foto Keren Via Ponsel dengan Mudah - Zaman selfie atau wefie selalu menyajikan pesona foto mengagumkan dengan latar belakang unik dan menarik. Bagi anda kaum millenial pengagum keindahan, jepretan foto terbaik bisa didapatkan hanya melalui ponsel yang anda punya. Penasaran?

Berikut beberapa tips yang bisa anda pakai untuk menghasilkan foto keren lewat ponsel anda.

Baca juga :


Tips Menghasilkan Foto Keren Via Ponsel dengan Mudah


Pahami ketentuan “Rule of Thirds”

Panduan dalam membingkai foto agar terlihat maksimal dan menarik. Dengan metode ini, layar akan memberikan hasil berupa sembilan segmen persegi panjang sehingga terlihat seimbang. Bagi pengguna Android, klik setting pada fitur kamera dan aktifkan “Grid”. Bagi pengguna IOS, pada menu setting klik Photo & Camera dan pilih “Toggle Grid”.


Posisi stabil

Adalah kewajiban untuk berada dalam posisi ini agar mendapatkan layar jernih dan fokus. Gunakan perangkat-perangkat yang dapat mendukung kestabilan seperti tripod atau sandaran untuk ponsel. Jika anda menggunakannya, jangan lupa untuk mengaktifkan mode “self-timer”.


Setting “Focus”


Gunakan mode fokus untuk menghasilkan layar jernih. Anda juga dapat menaikkan atau menurunkan pencahayaan melalui indikator bola lampu atau matahari pada ponsel.


Pakai tombol Shutter fisik

Disarankan untuk menggunakan shutter berupa tombol volume sehingga tidak merumitkan anda dalam menghasilkan gambar yang stabil (tidak blur).


Aktifkan “Auto HDR”

HDR atau High Dynamic Range adalah semacam filter cahaya. Sehingga anda tak perlu repot untuk mencari posisi terbaik dalam mendapatkan pencahayaan yang diinginkan. Cukup gunakan mode ini maka ponsel akan menyaring pencahayaan dengan sendirinya. Sehingga akan terlihat seimbang antara terang dan redupnya.


Manfaatkan cahaya sekitar

Pemanfaatan cahaya di sekitar lokasi pemotretan pastilah memberikan pengaruh signifikan bagi foto yang dihasilkan. Diperlukan naluri estetika seni agar memberikan kepuasan untuk pelaku selfie atau wefie ini. Anda bisa menggunakan cahaya matahari, bulan atau lampu sebagai alat bantu.


Gunakan mode “Burst”

Jika anda tidak percaya diri atau khawatir akan bagus/tidaknya hasil jepretan, selayaknya gunakan mode ini. Sekali tekal shutter, hasil yang didapatkan adalah berkali lipat sehingga terkadang momentum terbaik yang dihasilkan adalah bukan pada hasil jepretan pertama. Dan ini adalah saran yang menarik.


Bersihkan lensa

Sederhana namun efektif. Lensa yang bersih dari debu atau kotoran bahkan goresan, akan mempengaruhi hasil jepretan. Karena pandangan anda tidak akan terganggu akibat masalah lensa yang kotor. Cukup dengan tisu atau kain halus yang sedikit basah, anda dapat mendapatkan kebersihan lensa secara maksimal.