Cara Tahu Kualitas Makanan Tak Layak Konsumsi Selain Lihat Expire


Cara Tahu Kualitas Makanan Tak Layak Konsumsi Selain Lihat Expire - Acapkali kita berbelanja makanan dengan hanya memperhatikan bentuk dan warna tanpa memperhatikan tanggal kadaluarsa. Padahal sejatinya, kualitas makanan yang dikonsumsi mempengaruhi kesehatan.

Berikut ini akan dishare cara mudah mengetahui kualitas makanan tak layak konsumsi selain melihat tanggal kadaluarsanya.

Cara Tahu Kualitas Makanan Tak Layak Konsumsi Selain Lihat Expire


Pastikan telur tenggelam

Tekstur telur yang padat tak berarti tidak memiliki pori-pori. Melalui pori-pori inilah, udara akan masuk ke dalam telur sehingga menyebabkan telur mengambang bila volume udara di dalam cangkang sangat besar. Jadi dapat dipastikan telur tersebut telah disimpan lama.


Daging tidak lengket atau berlendir

Sepatutnya anda mewaspadai kontur daging yang lembek dan berlendir disertai bau yang agak menyengat. Daging terbaik tentunya terlihat segar dan agak keras.


Tekstur buah sudah menua dan lembek

Hal ini sudah pasti mudah dikenali selain bau busuk yang muncul dan perubahan warna yang ekstrem.


Sayuran berwarna kuning

Kandungan gizi pada sayur tentu terletak pada kesegaran dan warnanya. Jika sudah menguning, sudah pasti sayur kurang bergizi.


Ada atau tidaknya jamur pada makanan

Makanan yang dimaksud adalah roti. Tekstur roti yang kering dan agak keras bukan termasuk makanan yang patut dihindari. Karena beragam olahan dapat disajikan dengan bahan tersebut. Namun, anda cukup memperhatikan keberadaan jamur pada roti. Hal ini menyiratkan bahwa roti sudah tak layak konsumsi.


Susu yang mengental

Selain faktor kekentalan, anda juga patut mencium aroma asam pada susu. Bau ini tercipta karena asam memproduksi bakteri. Perhatikan juga warna susu, jika agak meredup kecerahannya maka selayaknya tidak anda konsumsi.


Tercium bau asam pada keju

Lama tidaknya keju untuk dikonsumsi didasarkan kandungan air yang terdapat di dalamnya. Semakin sedikit kandungan, semakin lama juga durasi penyimpanan. Untuk keju bertekstur keras, anda cukup menghilangkan jamur bila terdapat di permukaannya. Hal ini mengingat spora tidak dapat masuk ke dalam lapisan keju. Jika tidak terdapat jamur, maka ada baiknya anda mencium bau keju tersebut. Hindari konsumsi keju yang menimbulkan aroma asam padanya.


Lihat potongan mentega

Perhatikan hasil potongan, apakah rata, bersih dan halus? Jika tidak demikian, maka lebih baik cari mentega lain karena tidak aman untuk dikonsumsi.