Kamu Harus Tahu!, Inilah Penjelasan Setiap Genre di Game Online


Kamu Harus Tahu! InilahPenjelasan Setiap Genre di Game Online- Jenis permainan daring melalui internet ini sudah merupakan barang primer bagi penikmatnya. Kebutuhan primer seperti bahan pokok, makanan bisa didapat melalui kegiatan ini. Beragam kompetisi game online telah mewabah di Indonesia mengikuti negara luar.

Namun sebelum memainkannya, ada baiknya untuk mengenal berbagai genre game online yang beberapa diantaranya berbahaya bagi perkembangan karakter namun adapula yang bermanfaat bagi pengetahuan anak. Berikut ulasannya:

Penjelasan Setiap Genre di Game Online


Action

Genre yang paling berbahaya bagi karakter anak. Maka disarankan pemainnya berusia 18 tahun keatas. Permainan ini akan mengajak pemain untuk tangkas, lincah, dan akurat. Beragam subgenre melekat adegan kekerasan sepanjang permainan, seperti shooter, platform, stealth, survival, dan fighting games.


Adventure

Permainan ini menghadirkan aspek baru di tiap tempat yang disinggahi sehingga sangat menarik untuk dimainkan. Terdapat sistem butterfly effect dimana sesuatu yang telah dipilih oleh pemain akan berpengaruh banyak pada peristiwa di step berikutnya. Adapun subgenre dari permainan ini adalah graphic adventures, text adventures, interactive movie, visual novels, real time 3D adventures.


Action - Adventure

Gabungan dari aksi dan petualangan dimana alur ceritanya tidak membosankan karena pengalaman baru di tiap tempat. Butuh keterampilan dan kelincahan lebih dalam memainkan genre ini. Jenis genre inipun terbagi menjadi dua, yaitu metroidvania (puzzle adventures) dan survival horor.


RPG

Kepanjangannya adalah Role Playing Game yang bila diterjemahkan berarti sebuah game dimana pemainnya akan memerankan sebuah tokoh buatan dalam menjalani rangkaian cerita dalam game tersebut.

Salah satu subgenre adalah MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game) dimana permainan ini dapat dilakukan secara bersama-sama dengan pemain lain secara online. Subgenre lainnya adalah MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dimana setiap pemain online saling melakukan serangan dalam satu arena.

Ada banyak lagi subgenre dari RPG ini, diantaranya choices, fantasy, roguelikes serta sandbox, cultural, tactical, dan action RPG. Peringatan bagi orang tua untuk mengawasi anaknya yang melakukan permainan ini dikarenakan banyaknya adegan kekerasan.


Simulation

Genre ini ramah anak karena dapat memberikan mereka pengetahuan baru mengenai simulasi sebuah kejadian di dunia nyata. Beragam subgenre yang ditawarkan yaitu life, vehicle, serta construction and management simulation.


Strategy

Pemain dipaksa untuk berpikir cepat dan matang dalam bertindak karena genre ini akan memang menitik beratkan pada ramuan strategi pemainnya. Genre ini memiliki terbagi menjadi 2 jenis, yaitu turn based dan real time.

Beragam subgenre seperti wargame, grand strategy wargame, turn-based tactics, turn-based strategy, tower defense, multiplayer online battle arena (MOBA), real-time tactics, real-time strategy, artillery game, serta 4X game (eXplore, eXpand, eXploit, dan eXterminate) dapat anda pilih sesuai keinginan.


Sport

Perkembangan e-sport sangat luar biasa. Berbagai kompetisi mewarnai negeri dengan imbalan hadiah yang juga cukup besar. Anda akan merasakan situasi dan kondisi yang hampir sama dengan olahraga aslinya.

Terlebih jika anda mengikuti sebuah perlombaan dengan hadirnya jumlah penonton yang banyak dan suara bising sorak-sorai. Genre ini meliputi sport-basic fighting, competitive, sports game, dan racing.


Incremental/Idle Gaming

Permainan ini cenderung mengarahkan penggunanya mengalami addicted (ketagihan) karena penasaran. Padahal cara memainkannya cukup sederhana karena hanya dengan melakukan tapping. Yang membuat ketagihan adalah ketika pemain berupaya menaikkan level permainan hingga lupa waktu.