Cara Ampuh Menstimulasi Anak Agar Cepat Berbicara


Cara Ampuh Menstimulasi Anak Agar Cepat Berbicara - Memiliki buah hati merupakan impian semua pasangan. Grafik perkembangan anak pun menjadi fokus utama bagi orang tua. Berat badan, kesehatan, dan perkembangan motorik merupakan menu yang harus diperhatikan.

Beberapa kasus menggambarkan kesulitan anak dalam berinteraksi dengan benda. Kemudian lamanya anak ketika belajar merangkak ataupun belajar berbicara.

Melalui artikel ini, akan diberikan beberapa solusi agar sang buah hati dapat segera lancar berbicara. Berikut ulasannya.

Cara Ampuh Menstimulasi Anak Agar Cepat Berbicara


Aktif mendengar

Seringlah mengajak berbicara agar buah hati terbiasa mendengar kata atau kalimat. Respon dari mereka dapat diketahui melalui antusiasme. Keaktifan mendengar dapat menstimulus perkembangan berbicara dengan cepat.


Ucapkan kata yang benar

Kata yang mudah dan benar merupakan hal yang perlu diperhatikan orang tua dan orang-orang di lingkungan sekitar. Kata ‘makan’ jangan dipenggal menjadi ‘kan’ tetapi tetap dalam kata yang sempurna sehingga bayi akan terbiasa dengan kata tersebut.


Hindari penekanan

Terkadang orang tua atau yang berada di sekitar bayi akan mengoreksi kata yang diucapkan bayi tersebut. Sehingga anak akan rentan dengan tekanan.


Biarkan bermain dengan teman seumuran

Cara lainnya adalah dengan membiarkan buah hati beradaptasi dengan lingkungannya dan bermain dengan teman seumuran. Interaksi yang baik akan terjadi di kalangan mereka sehingga kemampuan untuk lekas berbicara akan semakin terasah.


Ajarkan nyanyian

Tips berikutnya adalah dengan menyanyikan sebuah lagu sederhana. Kata-kata yang sering diucapkan akan menjadi menu latihan berbicara bagi sang buah hati.


Bacakan buku

Beberapa bayi sudah memiliki bakat membaca karena turunan yang melekat dari kedua orang tua. Sehingga membacakan buku dengan cerita sederhana akan merangsangnya untuk mencoba berbicara. Intonasi dalam bercerita layaknya mendongeng juga perlu diperhatikan untuk menciptakan ketertarikan bagi bayi.


Ceritakan kegiatan sehari-hari

Anda juga bisa menceritakan atau menarasikan aktifitas keseharian dengan kalimat yang pendek dan mudah dimengerti anak. Sebagai contoh ketika memandikan anak sampaikanlah sebuah kalimat, “anakku sayang, kita mandi dulu yuk. Tuh airnya banyak jadi bisa berenang deh.” Penyampaian yang baik dan menyenangkan akan merangsang ketertarikan anak sehingga


Bersabar

Tentu sebagai orang tua hendaknya bersabar ketika melatih anaknya dalam rangka tumbuh kembangnya. Jangan khawatirkan kecepatan dalam berbicara karena mungkin sang buah hati memiliki bakat di bidang keterampilan yang justru perkembangannya lebih pesat.