Cara Ampuh Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri


Cara Ampuh Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri - Saat anda mengoperasikan perangkat pc atau laptop anda, terkadang kursor tiba-tiba bergerak sendiri dalam keadaan anda tidak sedang menggunakan mouse atau touchpad. Kejadian ini menandakan adanya masalah yang perlu segera diselesaikan agar mouse atau touchpad bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan kursor bergerak sendiri. Berikut penyebab-penyebab tersebut dan cara mengatasinya.

Cara Ampuh Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri


Mouse atau Touchpad Terlalu Sensitif

Mouse atau touchpad yang terlalu sensitif bisa menjadi salah satu sebab kenapa kursor laptop atau pc anda bergerak sendiri. Oleh karena itu tingkat sensitifnya harus dikurangi.

Caranya adalah anda harus masuk terlebih dahulu ke Control Panel  lalu memilih menu Mouse Options. Setelah itu pada tab “Buttons”, turunkan “Double Click Speed” ke arah “Slow” jika ingin mengurangi kecepatan dan sensitivitas kursor mouse atau touchpad anda .

Demikian pula pada tab “Pointer Options” turunkan pointer speed ke arah “Slow”, lalu klik OK.


Gunakan Driver Mouse serta Keyboard Default Produsen

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi kursor yang bergerak sendiri adalah dengan menggunakan driver mouse serta keyboard default bawaan  produsen laptop yang anda gunakan.

Untuk itu, anda perlu mendownload terlebih dahulu  drivernya melalui website produsen laptop anda. Di sana, anda tinggal melakukan pencarian “Touchpad Driver” atau “Hotkey Driver” untuk mendownload dan menginstallnya.


Instal Ulang Driver Mouse / Touchpad

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kursor yang bergerak sendiri adalah dengan menginstall ulang driver mouse/touchpad yang mengalami error tersebut. Cara melakukannya adalah dengan masuk ke  “Control Panel” >”System” > ”Device Manager”. Bisa juga melalui shortcut “Computer”, klik kanan lalu pilih “Properties” >”Device Manager”.

Setelah masuk ke dalam device manager, cari “mice and other pointing device” > lalu klik simbol segitiga di sampingnya. Selanjutnya klik kanan pada driver touchpad yang bernama “PS/2 Compatible mouse” dan pilih ”Uninstall”.

Setelah semua selesai, anda tinggal merestart laptop atau komputer anda. Nah, saat proses booting berjalan, secara otomatis driver touchpad yang baru akan terinstall sehingga kembali touchpad kembali normal.


Sensor Pada Mouse Sulit Bekerja

Terkadang kursor bergerak sendiri disebabkan oleh beberapa hal , diantaranya adalah penggunaan mouse pada medan yang tidak rata atau diletakkan pada medan yang berkaca dan berbahan busa.

Akibatnya, mouse sulit menerima perintah dan tidak mau bergerak atau bergerak sendiri. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara menggunakan alas mouse bermedan rata, misalnya kertas, keramik, kayu, keramik, atau kertas, dan lain-lain.


Touchpad yang Masih Aktif

Salah satu penyebab lainnya mengapa terkadang krusor bergerak sendiri tidak lain diakibatkan touchpad masih aktif padahal mouse eskternal sedang digunakan. Jika anda lupa mematikan touchpad pada laptop besar, terkadang kursor di layar akan bergerak sendiri dikarenakan jari tangan anda ada yang menyentuh touchpad secara tidak sengaja.