Inilah Cara Merawat Aki Mobil yang Benar


Inilah Cara Merawat Aki Mobil yang Benar - Salah satu komponen yang sangat penting pada mobil adalah aki. Pasalnya, aki berfungsi sebagai penyedia dan penyimpan energi listrik, disamping sebagai stabilisator tegangan.

Karenanya, sudah seharusnya setiap pemilik mobil bersungguh-sungguh dalam merawat aki mobilnya agar senantiasa dalam kondisi yang baik.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara yang benar dalam merawat aki mobil, berikut cara yang bisa anda ikuti.

Inilah Cara Merawat Aki Mobil yang Benar


1. Periksa Terminal yang Korosi

Reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat bisa mengakibatkan munculnya korosi atau degradasi logam. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh cuaca seperti panas, kelembaban, termasuk usia mobil.

Karena itu, langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan aki mobil secara teratur. Membersihkan aki mobil bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :

- Membersihkan Aki Mobil Dengan Soda Kue

Cara membersihkan aki mobil dengan soda kue adalah dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue (15 ml) dengan 1 cangkir air (250 ml), lalu dengan bantuan sikat gigi bekas larutan campuran air dan soda kue tadi digosokkan ke bagian atas aki mobil.

Ingat, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati sebelum melakukan pembersihan. Selain itu, pastikan anda juga sudah melakukan konfigurasi aki, longgarkan mur pada jepitan kabel (-) negative. Lakukan juga hal tersebut pada kabel (+) positif.

Setelah itu periksa kembali apakah aki mobil anda sudah mengalami retak dan mengeluarkan asam atau tidak. Jika iya, maka sudah saatnya aki mobil Anda harus diganti.

Setelah semua langkah di atas selesai, selanjutnya tinggal membilas aki dan kabel dengan air dingin, lalu melumasi semua logam yang tampak pada terminal, pos, jepitan aki mobil. Setelah itu pasang kembali kabel ke terminal dan kencangkan mur dengan kunci inggris.

- Membersihkan Aki Dengan Minuman soda

Cara membersihkan aki dengan minuman soda setelah semua terminal dilonggarkan adalah dengan menuangkan soda dari tengah aki lalu digerakkan ke luar dalam satu arah. Setelah itu diamkan aki yang telah diberikan minuman soda, lalu dibilas dengan air. Jangan lupa setelah itu untuk mengeratkan kembali  terminal aki.


2. Kencangan Sambungan Aki Mobil

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengabaikan kondisi aki. Akibatnya masa pakai aki menjadi lebih pendek. Bahkan keteledoran tersebut terkadang sampai mengakibatkan kasus capitan kepala aki yang kendor. Oleh karena itu, pastikan sambungan aki mobil Anda selalu kencang dan tidak  kendor, dan apabila ada sambungan yang sudah terlihat parah langsung diganti saja.


3. Kenali  Jenis Aki Mobil

Sebagai pemilik mobil seharusnya anda mengenali jenis aki yang ada pada mobil anda.Perhatikan apakah aki yang digunakan masuk dalam kategori aki basah atau kering.

Jika jenisnya adalah aki basah, berarti perlu dilakukan perawatan dan pengecekan secara teratur setiap satu bulan sekali. Adapun jika jenisnya adalah aki kering, maka anda tidak perlu repot-repot melakukan perawatan.

Cukup pemilik selalu menggunakan mobil dan tidak membiarkannya terlalu lama di dalam garasi, karena aki kering justru cepat rusak kalau jarang terpakai.


4. Selalu Memanaskan Mesin Mobil Saat Baru Mau Dipakai

Fungsi aki pada mobil adalah memberikan daya untuk menyalakan mesin mobil. Setelah mesin mobil menyala, alternator akan memberikan daya pada perangkat listrik dan mengisi baterai.

Jika Anda bisa memanaskan mesin mobil dalam waktu yang cukup, niscaya aki mobil akan lebih awet. Bila perlu gunakan jasa seseorang untuk mengendarai mobil Anda secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu selama 30 menit untuk mempertahakan daya baterai.




Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Otomotif
Judul : Inilah Cara Merawat Aki Mobil yang Benar
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2019/09/inilah-cara-merawat-aki-mobil-yang-benar.html.