Inilah Fitur Unggulan Android 10


Inilah Fitur Unggulan Android 10 - Android akan mengalami beberapa perubahan besar dari versi sebelumnya, sebagaimana yang telah diumumkan oleh Google. Tulisan logo ‘Android’ juga tidak lepas dari perubahan, sebagaimana terlihat pada font yang digunakan.

Kesan simple nan elegan terlihat jelas dari jenis font yang digunakan pada tulisan ‘Android’ tersebut dengan beberapa sisi yang melengkung. 

Penggunaan ikon robot juga tidak lepas dari perubahan tersebut. Kalau sebelumnya ikon Android identik dengan robot yang memiliki tubuh, kini tinggal bagian kepalanya saja yang tersisa, sedangkan bagian tubuhnya sudah dihilangkan. Warna ikon yang digunakan berubah menjadi hijau kebiruan, warna yang lebih ramah bagi penderita buta warna.

Selain perubahan dari segi tulisan logo dan ikon Android, terdapat juga beberapa fitur tambahan yang dianggap sebagai fitur unggulan pada Android 10. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Inilah Fitur Unggulan Android 10


Dark Mode Terbaru

Pada Android 10, Google menyempurnakan fitur Dark Mode seri sebelumnya. Elemen putih nantinya berubah menjadi abu-abu gelap, bahkan sebagian elemen seperti menu dan notifikasi akan dijadikan berwarna hitam.  Selain itu, fitur ini juga akan diterapkan pada aplikasi lainnya seperti Instagram dan WhatsApp.


Navigasi Gesture

Pada Android 10, penggunaan navigasi gesture pada layar lebih dimaksimalkan dengan adanya  interaktif pengguna. Penggunaan opsi navigation bar mulai ditinggalkan pada Android 10, dan pengembangan aplikasi beralih pada navigasi gesture yang posisinya di bagian bawah layar hingga sisi kiri dan kanan.


Pilihan Tema yang Lebih Kaya

Pilihan tema pada Android 10 lebih beragam dari versi sebelumnya. Pada versi terbaru ini, opsi pilihan tema jadi lebih beragam untuk kustomisasi user interface (UI). Terdapat pilihan warna UI, jenis huruf, serta bentuk ikon yang lebih beragam.


Screenshot Mengikuti Bentuk Layar

Pada Android 10, fitur tangkapan layar (screenshot) dibuat mengikuti bentuk layar HP. Jadi, jika ponsel Android yang kamu gunakan memiliki notch atau lengkungan, maka hasil tangkapan layar (screenshoot) pada Android 10 akan mengikuti bentuk layar, termasuk sisi yang melengkungnya.


Mode Desktop

Fitur ini sebenarnya pernah hadir di Samsung Dex, namun menggunakan alat tambahan. Android 10 akan menambahkan fitur ini tanpa alat tambahan

Tombol Khusus Emergency

Untuk memudahkan kebutuhan saat emergency, fitur emergency pada Android 10 dibuat agar mudah ditemukan. Hal ini berbeda dengan versi-versi sebelumnya di mana tombol emergency agak sulit ditemukan. Jika ingin menggunakan tombol emergency pada Android 10, cukup tekan tombol Power selama beberapa detik, nanti akan terlihat tombol emergency di bawah opsi restart atau shut down perangkat ponsel Android yang kamu gunakan.


Aplikasi perekam layar

Jika sebelumya butuh aplikasi untuk merekam aktivasi di layar, kini tidak lagi sebab Android 10 sudah memberikannya secara langsung.


Sharing WiFi dengan QR Code

Untuk lebih memudahkan dalam berbagi wifi, Android 10 dilengkapi dengan QR Code untuk berbagi. Jika sebelumnya kamu harus menghafal password wifi teman kamu atau sebaliknya, kini sharing wifi dilakukan hanya dengan scan QR Code.




Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Teknologi
Judul : Inilah Fitur Unggulan Android 10
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2019/10/inilah-fitur-unggulan-android-10.html.