Tips Manjur Agar Tidak Malas Mengerjakan Shalat


Tips Manjur Agar Tidak Malas Mengerjakan Shalat - Shalat merupakan ibadah yang sangat agung di sisi Allah, apalagi termasuk salah satu dari rukun islam yang berarti shalat merupakan salah satu dari pondasi tegaknya islam.

Jika syariat lainnya disampaikan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melalui perantaraan Jibril Alaihis Salam sebagai pembawa wahyu, maka syariat shalat diberikan langsung oleh Allah kepada Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tanpa perantaraan Jibril, ketika nabi di mi’raj-kan ke Sidratul Muntaha di langit yang ketujuh. Ini menunjukkan bagaimana besarnya kedudukan ibadah shalat di dalam islam.

Di sebutkan dalam beberapa hadits kalau shalat merupakan pembeda antara muslim dan kafir. Bahkan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan tegas menyebutkan bahwa siapa yang meninggalkan shalat maka dia kafir.

Karena itulah, pendapat yang paling kuat dari beberapa pendapat dikalangan para ulama adalah kafirnya orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja meskipun dia tetap meyakini kewajibannya, berdasarkan hadits-hadits yang menunjukkan kafirnya orang yang meninggalkan shalat.

Oleh karena itu, tidak sepantasnya bagi seorang muslim untuk melalaikan ibadah shalat. Hendaknya dia selalu bersemangat untuk menegakkan shalat dan meraih keutamaan yang besar di sisi Allah.

Bagi Anda yang merasa malas dan kurang semangat dalam menegakkan shalat, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa malas tersebut.

Tips Manjur Agar Tidak Malas Mengerjakan Shalat


Jadikan shalat sebagai penyejuk mata

Dalam sebuah hadits, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menyebutkan kalau sholat dijadikan sebagai penyejuk mata bagi beliau. Yang dimaksud dengan penyejuk mata adalah sesuatu yang menentramkan dan memberikan kedamaian pada jiwa. 

Nah, cobalah Anda berusaha untuk melaksanakan sholat agar bisa mendapatkan ketenangan jiwa meskipun tekanan kehidupan yang Anda alami begitu berat.


Segera laksanakan shalat begitu masuk waktunya

Setan telah berjanji di hadapan Allah untuk menyesatkan hamba-hamba-Nya. Salah satu trik dan maker setan dalam hal ini adalah menanamkan rasa malas untuk menegakkan shalat. Untuk mencegahnya, jika waktu shalat sudah masuk, sebaiknya jangan menunda dan segera laksanakan.

Jika Anda sudah terbiasa melaksanakan shalat tepat pada waktunya, niscaya lambat laun Anda akan terbiasa melaksanakan shalat. Jika Anda seorang pria, maka Anda diwajibkan untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid.


Perbanyak dzikir kepada Allah

Gegap gempitanya kehidupan menyebabkan hatinya menjadi keras. Jika hati mengeras akan sulit untuk melaksanakan ibadah apapun, termasuk shalat. Oleh karena itu, lembutkanlah hati Anda dengan memperbanyak berdzikir kepada Allah Azza Wajalla. Jika Anda terbiasa dengan hal ini, niscaya hati akan menjadi lapang dan lembut sehingga mudah dan ringan untuk menunaikan kewajiban termasuk melaksanakan shalat.


Mengingat Kematian

Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian. Hadirnya kematian akan memutus seluruh kelezatan dan kenikmatan dunia. Karena itu, jika rasa malas untuk melaksanakan shalat menghampiri Anda,  maka cobalah menghilangkannya dengan banyak mengingat kematian.


Bergaul dengan orang-orang yang sholeh

Dalam sebuah hadits, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperumpamakan teman bergaul yang baik seperti penjual minyak wangi yang akan memberikan sesuatu yang baik. Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang baik dna rajin menegakkan shalat, niscaya Anda akan terbiasa untuk menegakkan shalat. Jika rasa malas menghampiri, maka teman-teman Anda akan memberikan nasehat dan bimbingan dalam hal ini.

Demikianlah tips agar Anda tidak malas melaksanakan shalat. Selain menerapkan tips-tips di atas, jangan lupa dengan senjata terbesar seorang mukmin yaitu doa. Perbanyaklah doa kepada Allah agar diberikan ketakwaan dan keistiqomahan untuk melaksanakan shalat lima waktu sampai kematian menjemput.