6 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi di Pagi Hari


6 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi di Pagi Hari - Mengkonsumsi buah-buahan sangat besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh, karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Itulah sebabnya kenapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.

Tapi tahukah anda, ternyata ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi di pagi hari karena bisa memberikan gangguan pada lambung kita.

Apa sajakah buah-buahan tersebut? Simak selengkapnya pada kelanjutan artikel di bawah ini.

6 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi di Pagi Hari


Semangka

Siapa yang tidak kenal semangka? Buah yang banyak mengandung air ini sangat lezat jika dinikmati di siang hari yang snagat terik. Tapi ternyata buah semangka tidak cocok untuk dikonsumsi di pagi hari. Alasannya, kandungan fruktosa pada buah semangka sangat tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkan rasa manis pada buah semangka.

Berdasarkan keterangan yang disebutkan oleh Julia Greer, MD yang merupakan seorang asisten dosen kedokteran di University of Pittsburgh, disebutkan kalau berkisar 30 sampai 40 persen orang tidak mampu menyerap fruktosa secara total yang mengakibatkan perut terasa kembung, gas berlebih, serta diare.


Jeruk

Buah jeruk tidak saja memiliki rasa yang manis tetapi juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan menjadikan kulit lebih sehat. Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi di siang hari yang sangat terik, tapi tidak cocok di pagi hari. Sebab, buah jeruk mengandung serat tinggi yang Jika dikonsumsi di pagi hari bisa mengakibatkan kram perut dan diare.

Jika tubuh kelebihan vitamin C yaitu jika konsumsi vitamin C  lebih dari 2000 mg per hari, akan menimbulkan rasa mual, muntah, sakit kepala, perut kembung, mulas, hingga penyakit batu ginjal. Kandungan asam pada jeruk juga cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan munculnya panas lambung


Salak

Buah salak tidak sekedar enak rasanya, tetapi juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan pada buah salak seperti vitamin C, zat besi, kalsium, beta-karoten, dan tanin (turunan dari asam gallic).

Meskipun kandungan nutrisi buah salak sangat banyak, tetapi sebaiknya Anda jangan mengkonsumsi buah salak dipagi hari jika tidak ingin lambung Anda terganggu. Sebab, di dalam buah salak terkandung tanin yang tinggi, yang bisa memancing munculnya iritasi lambung, mual, muntah, serta masalah pada hati.


Persik

Buah persik memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan terbukti dapat mengurangi kolesterol dan sembelit. Sayangnya, buah ini tidak boleh dikonsumsi di pagi hari karena kandungan sorbitol pada buah ini meningkatkan produksi gas di dalam lambung, yang selanjutnya akan menyebabkan munculnya gangguan pada lambung.

Selain bisa menyebabkan gangguan lambung, kandungan sarbitol pada buah persik juga bisa meningkatkan ketergantungan terhadap pencahar jika dimakan berlebihan, yang akan mengakibatkan kerusakan otot dan usus besar berhenti merespon stimulus sorbitol.


Apel

Apel termasuk salah satu buah yang paling digemari masyarakat di seluruh belahan dunia. Buah apel tidak saja memiliki rasa yang manis, tetapi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan stamina tubuh.

Tapi ingat, jangan pernah coba-coba mengkonsumsi buah apel di pagi hari. Sebab, kandungan fruktosa  dan serat yang tinggi pada buah ini menjadikannya sulit untuk dicerna sehingga harus difermentasi pada usus besar. Nantinya hasil fermentasi tersebut menimbulkan gas dan menjadikan perut terasa kembung.


Mangga

Selain apel, buah yang juga sangat digemari masyarakat adalah buah mangga. Jangankan yang matang, mangga muda saja banyak dicari orang. Rasanya yang manis khususnya pada buah mangga yang sudah matang, menjadikan orang ketagihan dan rasanya sulit untuk berhenti memakannya kecuali kalau sudah habis.

Tapi ingat, jangan coba-coba mengkonsumsi buah mangga di pagi hari. Sebab, kandungan fruktosa pada buah ini lebih besar daripada kandungan glukosanya. Akibatnya, buah ini sulit dicerna dan menimbulkan gas di dalam lambung , yang selanjutnya akan menimbulkan rasa kurang nyaman pada lambung.