7 Tips Merawat Baterai Laptop Biar Awet

7 Tips Merawat Baterai Laptop Biar Awet - Bagi anda yang sedang berkutat dengan laptop, notebook, dan perangkat kerja lainnya, tentu perlu memperhatikan endurance baterai. Penggunaan perangkat dalam jangka waktu lama, bisa menyebabkan panas dan berpengaruh negatif pada baterai.

Dalam kondisi normal, baterai laptop bisa bertahan kurang lebih selama 3 jam. Jika baterai laptop dirasa cepat habis padahal  tidak sedang menjalankan program program berat, itu bisa jadi baterai laptop anda sedang bermasalah.

Agar tidak keluar banyak uang untuk salah satu masalah di laptop ini, berikut kami share cara merawat baterai laptop agar tetap optimal dan tahan lama.

Tips Merawat Baterai Laptop Biar Awet

7 Tips Merawat Baterai Laptop Biar Awet


Segera lepaskan pengisi daya jika indikator menunjukkan full

Jika indikator baterai laptop telah menunjukkan 100%, segera cabut pengisi daya (charger) agar baterai tidak cepat bocor. Kebocoran tersebut disebabkan arus listrik yang ditampung secara berlebih oleh baterai. Maka jangan biarkan terlalu lama berada dalam kondisi penuh sedangkan charger masih aktif bekerja.


Usahakan penggunaan program yang efektif

Membuka atau menjalan banyak program secara bersamaan membuat beban kerja laptop semakin berat. Hal ini tentu akan mempengaruhi penggunaan daya dari baterai. Terlebih jika anda membuka program yang tergolong makan daya banyak seperti edit video, foto atau desain grafis.

Agar baterai laptop anda awet, sebaiknya anda tidak membuka program program berat tersebut secara bersamaan. Jika tidak mendesak, anda bisa menjalankannya secara bergantian.


Waspadai laptop mati total

Keasyikkan bekerja maupun main game tanpa disertai penggunaan charger biasanya memberikan peluang bagi laptop untuk mati total. Tentu hal ini berimplikasi pada komponen baterai. Maka selalu waspada ketika terdapat notifikasi peringatan daya baterai yang biasanya muncul ketika baterai melemah. Segera lakukan pengisian daya tanpa menundanya.


Pakai selalu pengisi daya asli

Standar charger bawaan pasti disesuaikan dengan kemampuan perangkat. Sehingga charger lain meskipun berharga murah, belum tentu dapat berfungsi selaras dengan kemampuan perangkat yang anda miliki. Arus yang mengalir bisa besar dan kecil yang berakibat tidak sinkron dengan perangkat anda. Dan bisa ditebak bahwa hasilnya justru membuat baterai tidak tahan lama.


Segera cabut koneksi USB

Colokan USB biasanya dipakai untuk perangkat lain, seperti modem, flashdisk atau hardisk eksternal. Jika perangkat perangkat tersebut sudah tidak digunakan, sebaiknya segera dicabut dari laptop. Sebab perangkat yang tersambung, akan menguras daya baterai laptop.


Perhatikan suhu lingkungan saat mengisi daya

Temperatur pada lingkungan di sekitar perangkat tentu mempengaruhi kinerja. Suhu yang dingin maupun terlalu panas akan membuat kerja laptop menjadi lebih keras. Hal ini mengakibatkan tidak stabilnya baterai sehingga berpengaruh pada kemampuan  menyimpan daya.


Gunakan mode power saver

Penggunaan mode ini tentu akan membantu anda mengurangi penggunaan daya secara berlebihan. Pada situasi daya tersisa sedikit, power saver segera berfungsi untuk memberi keamanan ketika sedang menggunakan perangkat jika pada tempat anda bekerja, tidak memiliki ketersediaan listrik.

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter